Kamis, 10 Mei 2012

ATURAN DAN KETENTUAN PPDB SD REGULER 2012 / 2013

A.      KETENTUAN UMUM
1.       Sekolah adalah satuan pendidikan yang meliputi Kanak-kanak negeri (TKN), SDN, SMPN SMAN, SMKN dan SLBN.
2.       Madarasah adalah satuan pendidikan yang meliputi RA, MI, MTs, MA.
3.       Sekolah Standar Nasional (SSN) adalah sekolah yang penyelenggaraannya sesuai dengan Standar Sekolah Nasional Pendidikan.
4.       Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional disebut RSBI adalah sekolah menyelenggarakan Kelas bertaraf internasional yang telah memnuhi standar nasional pendidiakn apada tiap aspeknya, meliputi komptensi lulusan, isi, proses, pendidik dan tenaga kependidikan, saranan dan prasarana, pembiayaan, pengelolaan, penilaian dan penyelenggaraan serta lulusan berciri internatsional.
5.       Sekolah penyelenggara kelas internasional adalah sekolah yang memberikan layanan khusus kepada peserta didik yang terutama ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yang bertaraf internasional di dalam negeri maupun di luar negeri.
6.       Sekolah penyelenggara pendidikan inklusi adalah sekolah yang memberikan kesempatan bagi peserta didik yang berkebutuhan khusus dan/atau peserta didik yang memiliki kecerdasan dan/bakat istimewa belajar bersama-sama dengan peserta didik pada satuan pendidikan umum atau satuan pendidikan kejuruan dengan menggunakan kurikulum yang disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan khusus peserta didik berkelainan dan/atau peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa/

7.       Peserta didik adalah peserta didik TK/RA, SD/MI, SMP/MTs SMA/MA, SMK, SLB dan Program kesetaraan paket A dan B.
8.       Calon peserta didk baru adalah peserta didik yang akan memasuki pendidikan formal atau melanjutkan pendidikan ke jajang yang lebih tinggi/
9.       Calon peserta didik baru luar Provinsi DKI Jakarta adalah calon peserta didik baru yang berasal dari sekolah Indonesia di luar negeri, sekolah asing dan sekolah luar Provinsi DKI Jakarta.
10.   Sekolah tujuan adalah sekolah yang menjadi sekolah pilihan calon pesert didik baru.
11.   PPDB Real Time Online System adalah sistem penerimaan peserta didik baru pada SD Negeri, SMP Negeri, SMA Negeri, dan SMK Negeri dengan proses entri memakai seistem database, selseksi otomatis oelh computer, hasil seleksi otomati Online Internet dan melalui Short Message Service (SMS) setiap/waktu.
12.   Situs PPDB adalah website resmi Penerimaan Peserta Didik Baru Provinsi DKI Jakarta.
13.   Surat Keterangan yang Berpenghargaan Sama (SKYBS) adalah surat pernyataan resmi dan sah yang berpenghargaan sama dengan STTB/Ijazah.
14.   Rasio kelas adalah jumlah maksimu peserta didik dalam satu kelas
15.   Orangtua/wali adalah seseorang yang menjadi penanggung jawab langsung calon peserta didik.
A.      PERSYARATAN CALON PESER5TA DIDIK BARU SD REGULER
1.       Berusia antara 7 ( tujuh ) sampai dengan 12 ( dua belas ) tahun pada hari pertama masuk sekolah.
2.       Dalam hal rasio kelas belum terpenuhi, maka calon peserta didik baru yang telah berusia 6 (enam) tahun pada hari pertama masuk sekolah dapat diterima sebagai calon peserta didik baru dengan prioritas usia yang lebih tua berdasarkan peringkat.
3.       Tidak di isyaratkan pernah mengikuti TK / PAUD.
4.       Memiliki akte kelahiran / surat keterangan laporan kelahiran dari kelurahan dan
5.       Kartu Keluarta (KK).

B.      TATA CARA PELAKSANAAN
Petunjuk Pendaftaran Online
1.       Pendaftaran untuk calon peserta didik baru dapat dilakukan secara online (mandiri) maupun datang langsung ke sekolah.
2.       Mekanisme pengajuan pendaftaran mandiri sebagiman dimaksud dalam point (1) dilakukan dengan prosedur sebagai berikut :
a.       Calon peserta didik baru membuka situs http://sd.ppdbdki.org 
b.      Calon peserta didik baru mengisi formulir pengajuan pendaftaran secara online sesuai dengna data yang sebenarnya.
c.       Calon peserta didik baru mencatak/print out tanda bukti pengajuan pendaftaran online yang memuat kode pendaftaran.
d.      Orang tua/wali calon peserta didik baru menandatangani dan kemudian menyimpan tanda bukti pengajuan pendaftaran untuk di serahkan pada saat verifikasi pendaftaran.

3.       Mekanisme pengajuan pendafataran dating langsung ke sekolah sebagaimana dimaksud dalam point (1) dilakukan dengan prosedur sebagai berikut :
a.       Calon peserta didik baru dating langsung ke sekolah negeri terdekat dengan membawa berkas ( Point B. persyaratan peserta) sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
b.      Panitia sekolah membatnu calon peserta didik dalam melakukan pendaftaran online.
c.       Panitia sekolah mencetak tanda bukti pendaftaran online yang memuat kode pendaftaran dan menyerahkan ke calon peserta didik baru.
d.      Calon peserta didik baru menandatangani dan kemudian menyimpan tanda bukti pengajuan pendaftaran.




PELAKSANAAN
1.       Pelaksanaan pendaftaran PPDB pada sekolah regular dilakukan dengan 2 (dua) tahap yaitu tahap pertama dan tahap kedua.
2.    PELAKSANAAN PPDB TAHAP KEDUA HANYA BISA DIIKUTI OLEH CALON PESERTA DIDIK BARU DARI SEKOLAH ASAL PROVINSI DKI JAKARTA YANG TIDAK DITERIMA DI TAHAP PERTAMA.
3.       Memilih 3 (tiga) sekolah tujuan
4.       Calon peserta didik baru yang diterima sementara pada saat proses seleksi berlangsung
a.       Tidak dapat mencabut pendaftarannya
b.      Belum dapat mendaftar lagi
c.   Apabila mencabut pendaftaran dinyatakan mengundurkan diri dan tidak dapat mengikuti PPDB kembali.
5.  Calon peserta didik yang dinyatakan tidak diterima disemua skolah pilihan, selama proses seleksi berlangsung, dapat mendaftar kembali dengan sekolah yang berbeda selama batas waktu pendaftaran.

C.      TEMPAT PELAKSANAAN
Pelaksanaan kegiatan PPDB SD Reguler Yaitu :
1.  Pengajuan pendaftaran dapat dilakukan mandiri melalui http://sd.ppdbdki.org atau dating langsung ke sekolah negeri terdekat.
2.       Pelaksanaan verifikasi data dan ujian yang ditetapkan diselenggarakan disekolah terdekat.

D.      PESERTA LUAR DAERAH
Calon peserta didik baru yang berasal dari lua Pfovinsi DKI Jakarta dapat diterima di sekolah tujuan maksimum 5% (lima persen) dari daya tamping PPDB.

E.       SELEKSI PADA SD REGULER
1.       Seleksi PPDB dilakukan secara online berdasarkan umur
2.   Dalam hal clon peserta didik baru melebihi daya tamping yang tersedia maka seleksi PPDB dilakukan berdasarkan urutan sebagai berikut :
a.       Umur
b.      Urutan pilihan sekolah
c.       Waktu verifikasi pendaftaran ke sekolah

F.       DAYA TAMPUNG
1.       Rasio per kelas SD Reguler = 40 perserta didik.
2.  Calon peserta didik baru luar daerah dapat diterima maksimal 5% (lima Persen) dari daya tampung.



G.     PENGUMUMAN HASIL SELEKSI
Pengumuman hasil PPDB dilaksanakan secar terbuka melalui media elektronik dan media cetak seperti Internet, SMS dan di sekolah, yang ditempel dibeberapa tempat yang mudah dilihat masyarakat.

H.      LAPOR DIRI
1.    Calon peserta didik baru yang telah diterima di SD Reguler wajib lapor diri diesekolah tempat diterima sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dengan menyerahkan tanda bukti verifikasi yang memuat nomor seleksi asli (distempel sekolah pada saat verifikasi).
2.    Calon peserta/ornag tua peserta didik baru yang telah melakukan lapor diri diberikan tanda bukti lapor diri oleh panitia sekolah yang telah ditandtatangani petugas dan di stempel sekolah.
3.    Calon peserta didik baru yang telah diterima dan tidak lapor diri sesuai jadwal yang ditentukan, dinyatakan emngundurkan diri dan tidak mengajukan pendaftaran PPDB kembali.

I.        PPDB TAHAP II
1.       PPDB dapat dilakukan apabila dalam pelaksanaan PPDB tahp I  masih ada tempat kosong
2.   Apabila daya tampung belum terpenuhi sebanyak 100% pada saat lapor diri tahap II, maka dimungkinkan untuk pelaksanaan PPDB tahap III.
3.       Pelaksanaan PPDB tahap III akan diatur lebih lanjut.

Informasi dapat di lihat di
1.       Pendaftaran SD Reguler
2.       Aturan dan Ketentuan
3.       Alur Pelaksanaan PPDB    
4.       Daya Tampung 

Berikut Contoh Pengisian Formulir 
Jadwal Pelaksanaan PPDB
Sumber ( http://sd.ppdbdki.org/ ) "sudah di ringkas"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar